Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Install Windows 8 on VirtualBox



Bagi pengguna komputer yang ingin mencicipi apa sih istimewanya Windows8 produk dari Microsoft Windows ini ? . Pada artikel kali ini, saya akan membahas Panduan Cara Instalasi Windows8 di VirtualBox. Sebelum saya menjelaskan langkah-langkah instalasinya, ada baiknya saya paparkan mengenai definisi, fitur-fitur serta kelebihan dan kelemahan dari sostem operasi Windows8.

Definisi dari Windows 8 adalah nama kode untuk versi mendatang dari Microsoft Windows. Serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada PC. Termasuk komputer rumah juga laptop, netbook serta tablet.

Laman teknologi Time, Techland, menilai Windows 8 masih konsisten dengan memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan sistem operasi iOS milik Apple. Tampilan home screen di Windows 8 pun dinilai persis seperti yang selama ini ada di Windows Phone: warna-warni, dengan sejumlah kotak berisi apps, koneksi, konten, dan fitur. 

User Interface yang dinamakan “Metro” ini akan memiliki akses cepat, namun juga memungkinkan memiliki tampilan Windows klasik. Tampilan Metro juga menyediakan kontrol sentuh, yang menjadi sinyal Microsoft akan mengembangkan sistem operasi untuk tablet.

Kelebihan Windows8 dan Fitur-fitur baru pada Windows :

1.Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.
2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.
3. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
4. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini
5. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.
6. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

Kelemahan Windows8 dan Fitur-fitur baru pada Windows :

1. Tumpang tindih Metro UI dan Aero UI.
Developer menemukan adanya pergantian secara terus-menerus yang terjadi antara tile-based Metro UI dan glassy Aero UI.
2. Tidak ada opsi untuk mengubah tiles menjadi icons.
Ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar. Saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi maka screen Metro akan terlihat semrawut.
3. Sulit berpindah antar screen.
Tidak adanya fungsi Alt-Tab seperti saat bekerja dengan desktop dan keyboard untuk berganti dari satu app ke app yang lain mungkin merupakan hal yang sangat sulit.
4. Metro multitasking.
Jika sobat menggunakan aplikasi Metro (untuk tablet) di Windows 8, screen akan menampilkan dua aplikasi secara berjajar.
5. Metro.
Metro memang bisa bekerja baik di tablet tapi UI tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada desktop. Sulit dilakukan untuk sobat yang menggunakan Notebook.
6. Konten Flash di Tablet PC.
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

Selanjutnya, saya akan menjelaskan langkah demi langkah prosedur untuk menginstall Windows8 di VirtualBox. Tetapi ada syarat agar dapat menjalankan Windows8 ini secara lancar, komputer anda minimal harus memiliki spesifikasi seperti berikut ini :
  • Prosesor 1 Ghz atau lebih ; 32-bit atau 64-bit
  • RAM : 1 GB untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit
  • Hardisk : 16 GB free space untuk 32-bit atau 20 GB untuk 64-bit
Jika sudah terpenuhi syarat-syarat spesifikasi diatas, maka saya akan langsung menjelaskan langkah-langkah instalasinya. 
Langkah-langkah instalasinya :
1)      Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menginstall VirtualBox pada komputer kita. Lakukan instalasi dengan cara :
Sampai muncul kotak dialog dibawah ini, maka VirtualBox dapat digunakan.



2)      Kemudian klik New kemudian pada jendela yang akan muncul berikutnya pilih Next. Selanjutnya pada kotak dialog yang muncul isikan Name dengan nama virtual machine, disini saya mengisikan dengan Windows 8. Lalu pilih Microsoft Windows
sebagai sistem operasi dan pilih Windows8 sebagai versi seperti gambar dibawah ini, jika sudah selesai mengisikan lalu klik Next


3)      Langkah berikutnya, muncul jendela untuk mengatur berapa besar RAM yang akan kita gunakan untuk mesin virtual kita. Saya akan mengalokasikan sekitar 1024 MB, lalu klik Next

4)      VirtualBox menyediakan opsi untuk baik membuat harddisk baru atau menggunakan harddisk yang ada sebagai Disk Start-Up. Secara default, sudah diatur untuk membuat Harddisk baru. Maka biarkan saja, lalu Next


5)      Pada kotak dialog selanjutnya, pilih VDI yang merupakan singkatan dari Virtualbox Disk Image, lalu pilih Next



6) Kemudian pilih ukuran Fixed size (tetap) atau Dynamically allocated (dinamis) yang dialokasikan sesuai kebutuhan temen-temen J . kalau saya memilih ukuran dynamically alocated, lalu pilih Next


7)      Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk ukuran virtual disk, namun secara default VirtualBox mengalokasikan ruang disk 20GB untuk sistem baru. Temen-temn J juga boleh kok menambah atau mengurangi jumlah ini sesuai kebutuhannya. Tetapi saya menyarankan untuk tidak kurang dari 20GB. Lalu klik Next yaaah J


8)      Lalu untuk langkah yang terakhir, akan muncul kotak dialog ang berisikan ringkasan cepat dari konfigurasi pengaturan yaang temen-temen pilih tadu. Kemudian pilih Create untuk memulai membuat file di disk virtual.
Tunggu beberapa menit sekitar 5 – 30 menit untuk menciptakan ruang disk virtual, yaitu unit media penyimpanan tetap.


       9)      Selanjutnya setelah proses selesai, klik create kemudian akan muncul jendela dimana mesin virtual akan siap


10)      Pada kotak dialog dibawah ini,  klik icon CD disampig CD/DVD Drive kotak pilihan dan Pilih file CD/DVD disk virtual. Sekarang arahkan kursor pada file Windows8 ISO yang anda punya dan double klik , lalu pilih oke


11)      Temen-temen akan kembali pada antarmuka utama pada Virtualbox lalu klik Start untuk memulai Instalasi Windows8 dan ikuti petunjuknya



12)      Seteleh muncul jendela Windows8, maka sekarang konfigurasi pada pemilihan bahasa untuk proses instalasi kemudian pengaturan Time dan currency format serta keyboard or input method. Lalu setelah selesai klik Next.



13)      Kemudian pada kotak dialog selanjutnya klik pada Install Now untuk memulai Instalasi Windows8



14)       Langkah berikutnya adalah memilih sistem operasi yang anda inginkan untuk di instal, saya disini memilih Windows 8 Enterprise x64. Lalu pilih Next


15)       Kemudian berikan tanda centang pada opsi I accept the license terms untuk menyetujui nya lalu Next


16)      Pilih Upgrade untuk tipe instalasi 


17)      Langkah selanjutnya pilih di partisii drive mana anda ingin menginstall Windows anda, lalu klik Next 


18)       Tunggu proses selanjutnya untuk instalasi Windows, seperti kotak dialog dibawah ini.


tunggu beberapa saat, karena devices sedang memproses


19) Kemudian masukkan Produk key pada kotak register apabila Anda memiliki product key dan klik Next. Jika tidak memiliki product key klik Skip.



20)      Sekarang anda dapat memilih warna yang kamu suka untuk layar Windows mu dan sertakan nama PC mu, lalu enter


         21) Selanjutnya terdapat dua opsi ingin proses yang cepat klik Use express settings. Jika ingin mengatur sesuai keinginan anda klik custom.


22) Lalu mengaktifkan file sharing pilih Yes, Turn On sharing and connect to devices.


 23) selanjutnya jika kamu ingin selalu update maka on-kan pada automatically get device drivers, apps, and info for new device. Kemudian jika Anda ingin windows membantu memproteksi privasi mu maka meng-on kan help protect your privacy and your PC, lalu klik Next.


24) Langkah berikutnyajika kamu ingin selalu support ke windows, pada window ini pilih on pada semua opsi, lalu klik Next.


25) Agar selalu check online untuk mendapatkan solusi masalah pada windows pilih on pada semua opsi.



26)      Kemudian kamu dapat mengisikan alamat emailmu, lalu Next


27) Kemudian atur user account pada windows Anda dan masukan password sesuai keinginan Anda, lalu klik Finish.


28) Kemudian tunggu beberapa saat untuk masuk ke windows 8 yang Anda install sebelumnya.



29)      Tunggu sebentar untuk mengecek akun Microsoft


22)      Selamat datang di Windows8, berikut adalah review tampilan awal pada Windows8 


Selamat mencoba silahkan tinggalkan komentar jika temen-temen ada yang
kurang paham pada artikel saya :)












































1 komentar:

Ari Fitriyanto mengatakan...

itu harus di backup dulu gak data data yang ada di pc

Posting Komentar

Lets the spirit of learning :)